Add a Blog Post Title

SGB - Cegah Macet di Tol Jakarta-Merak, Jasa Marga Bangun 27 Gardu
broken image

SOLID GOLD BERJANGKA - PT Jasa Marga (Persero) Tbk menyiapkan 27 gardu tol tambahan untuk cegah kemacetan arus lalu lintas kendaraan yang melintasi tol Jakarta-Tangerang-Merak. Hal ini sebagai salah satu upaya yang dilakukan seiring telah diberlakukannya integrasi sistem transaksi pembayaran tol di ruas ini.

Direktur Operasi II Jasa Marga, Subakti Syukur, mengatakan penambahan 27 gardu tol ini menelan dana sekitar Rp 130 miliar, termasuk perbaikan beberapa kondisi jalan.

“Nilainya Rp 130 miliar untuk 27 gardu. Kita upayakan maksimal sebulan ini selesai. Pada 9 Mei ini sudah selesailah penambahan gardu tolnya,” kata dia, saat ditemui dalam jumpa pers di Jakarta, Senin (10/4/2017).

Saat ini sendiri, Jasa Marga telah mengoperasikan 24 gardu tol yang tersebar di beberapa titik, di antaranya di Gerbang Tol (GT) Kunciran, GT Tangerang, GT Karawaci, dan GT Bitung. GT Karang Tengah sendiri telah ditiadakan, sehingga tak lagi transaksi.

Sedangkan pada tahap II, hingga 9 Mei 2017 mendatang atau 30 hari setelah diberlakukannya skema integrasi ini, akan ada 27 gardu tol baru yang akan beroperasi 100%, termasuk peralatan tol terpasang 100%.

Di antaranya adalah 1 gardu tol di GT Karang Tengah Barat I, 2 gardu tol di GT Karang Tengah Barat II, 3 gardu tol di GT Kunciran I, 4 gardu tol di GT Kunciran II, 4 gardu tol di GT Tangerang I, 5 gardu tol di GT Tangerang II, 2 gardu tol di GT Karawaci II, 1 gardu tol di GT Karawaci III, 2 gardu tol di GT Bitung I, dan 3 gardu tol di GT Bitung II.

Penyelesaian pembongkaran GT Karang Tengah juga ditarget selesai maksimal dalam waktu sebulan ke depan.

“Yang harus jadi perhatian kami di Tangerang, Karawaci dan Alam Sutera. Mudah-mudahan dalam sebulan ini, ada solusi yang terbaik. Jasa Marga berupaya maksimal dengan cara-cara seperti jemput transaksi. Alam Sutera kita siapkan 6 GTO, bukan manual. Secara perlahan kita didik juga lebih mengarah ke cashless,” tandasnya.