Return to site

PT SOLID BERJANGKA | Lukisan Genteng Kaca

PT SOLID BERJANGKA MAKASSAR - Seniman Rendra Kurniawan untuk pertama kalinya menggelar pameran tunggal 'Rokok Riwayatmu Dulu'. Di debutnya kali ini, dia menampilkan 25 lukisan atap atau genteng kaca di Tirana Art House, Yogyakarta.

baca juga :Solidgold 

Rendra menghadirkan subyek berupa bungkus atau kemasan etiket rokok, tembakau, dan kertas rokok. Kemasan tersebut pernah ada di antara 1940-an sampai 1980-an.

dan kertas rokok. Kemasan tersebut pernah ada di antara 1940-an sampai 1980-an.

baca juga : Solidberjangka

Subyek rokok yang sengaja diusung Rendra bukanlah tanpa alasan. Ia merupakan seorang perokok aktif.

"Di lingkungan saya, merokok sudah menjadi bagian dari hidup dan budaya, khususnya di keluarga. Pemilihan obyek rokok produksi Jawa Tengah juga dilatarbelakangi karena alasan geografis, yang tumbuh dan tinggal di daerah Windusari, Magelang, Jawa Tengah. Daerah itu adalah kawasan pertanian tembakau," ujar Rendra.

baca juga :PT Solidberjangka

Kemasan produk rokok dihasilkan dari pabrik di Jawa Tengah, seperti dari Muntilan, Temanggung, Magelang dan Semarang. Selain itu, atap genteng pun sengaja digunakan Rendra dengan satu alasan.

"Atap atau genteng secara simbolis adalah sebuah partikel atau bagian dari bangunan yang disebut rumah. Rumah adalah tempat di mana seseorang kembali atau pulang. Rumah menjadi simbol kedekatan seseorang dengan seseorang lainya dengan status yang dinamakan keluarga," kata Rendra.

baca juga :PT Solidgold Berjangka

Pameran yang dikuratori Anam Khoirul ini akan dibuka pada 15 Desember 2018 di TIRANA Art House & Kitchen, Yogyakarta. Eksibisi berlangsung sampai 19 Januari 2019.

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OKSubscriptions powered by Strikingly