Return to site

PT SOLID BERJANGKA |

Menjawab Tantangan Pencarian dan Penempatan Eksekutif Indonesia

PT SOLID BERJANGKA MAKASSAR - Managing Director PT RGF Executive Search Indonesia, Peter Chong baru-baru ini membocorkan tentang tren pencarian dan penempatan posisi eksekutif kepada detikcom. Jika penasaran, simak paparan lengkapnya di bawah ini.
Bisa Dijelaskan Informasi Seputar RGF?
RGF International Recruitment RGF adalah bagian dari Recruit Group, salah satu perusahaan jasa rekrutmen dan layanan informasi terbesar dengan pendapatan tahunan lebih dari US$ 16 miliar yang berkantor pusat di Jepang.RGF menyediakan layanan rekrutmen karyawan permanen mulai dari tingkat eksekutif sampai tingkat staf untuk semua industri dan jenis pekerjaan di 11 negara di Asia melalui 3 merek, yakni RGF Executive Search, RGF Professional Recruitment dan RGF HR Agent.
Di Indonesia, Bó Lè Associates, salah satu perusahaan rekrutmen eksekutif terbesar di Asia dengan pengalaman lebih dari 20 tahun, telah diambil alih dan menjadi PT RGF Executive Search Indonesia dengan jaringan yang mencakup 26 kota di Asia. Dengan penyatuan usaha ini RGF dapat memanfaatkan pengalaman sukses yang panjang selama dua dekade untuk memberikan hasil terbaik kepada klien melalui proses dan metode pencarian kandidat yang cermat.

Apa Implikasi dari Penyatuan bagi RGF dan Para Klien yang Ada di Indonesia?
Secara keseluruhan, penggabungan usaha ini akan memperkuat tata kelola perusahaan RGF dan memperluas jangkauan layanan rekrutmen karyawan tetap dengan merek yang seragam di seluruh Asia.
Penggabungan ini juga secara signifikan mengubah beberapa hal. Pertama, lebih efektif dalam mencocokkan karakteristik pencari kerja dengan perusahaan yang akan mempekerjakan mereka. Kedua, memungkinkan staf rekrutmen dari perusahaan yang berbasis di Indonesia untuk mencari personel terbaik untuk berbagai tingkatan dari seluruh Asia. Ketiga, pencari kerja bisa membuka peluang yang tak terbatas bagi kemajuan karier mereka baik di Indonesia maupun mancanegara.
Bagi Indonesia, penggabungan ini akan lebih lanjut mengkonsolidasikan kemampuan RGF untuk memberikan solusi rekrutmen yang holistik kepada semua klien korporasi dan pelamar individual. Selain itu, mencerminkan komitmen jangka panjang dari perusahaan induk RGF yang juga merupakan perusahaan publik untuk membangun reputasi sebagai penyedia layanan perekrutan terpercaya dengan wawasan dan pengetahuan mendalam tentang tren perusahaan dan ketenagakerjaan dalam industri jasa rekrutmen global.

BACA JUGA : Solidberjangka


Bagaimana Perkembangan Industri Rekrutmen Saat Ini?
Industri perekrutan terdiri dari tiga segmen, yakni tingkat eksekutif senior, manajer menengah/spesialis, dan staf. Sebagai sebuah group, RGF memiliki berbagai layanan rekrutmen untuk karyawan permanen di semua tingkatan dan industri dengan memberikan solusi rekrutmen lintas batas negara yang optimal.
Khusus untuk RGF Executive Search, terlihat adanya pergeseran penting di mana klien beralih dari hubungan yang bersifat transaksional menjadi hubungan layanan yang didasarkan pada kemampuan untuk memberikan kajian dan advis dalam hal penempatan eksekutif.
Saat ini, baik klien maupun kandidat memiliki tuntutan lebih dan jika sebuah perusahaan jasa rekrutmen tidak dapat memberikan kajian yang mereka butuhkan untuk pengambilan keputusan artinya mereka tidak dapat memberikan nilai tambah. Jadi, meski hubungan itu penting, kemampuan perusahaan jasa rekrutmen untuk menawarkan nilai lebih adalah merupakan kunci sukses.

BACA JUGA : Solidgold Berjangka


Apa Tantangan Utama bagi Perusahaan di Indonesia?
Di Indonesia, mendapatkan kandidat yang tepat masih merupakan tantangan besar bagi perusahaan. Di pasar di mana tingkat pergantian karyawan relatif tinggi bahkan pada tingkat menengah sampai senior karena kenaikan gaji yang sedikit lebih tinggi. Dengan situasi yang demikian, perusahaan semakin sadar bahwa ada kebutuhan medesak untuk membedakan diri dari perusahaan lain guna menarik dan mempertahankan karyawan terbaik.
Bagi klien korporat, dengan melihat perkembangan di atas RGF sangat sadar bahwa untuk menjadi lebih dari sekadar jasa perekrutan, tetapi juga pemasar bagi mereka melalui 'employer branding'. Pada saat yang sama RGF siap memberikan dukungan dalam bentuk pelatihan kepada perekrut, penggunaan tools sumber daya yang lebih baik untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi kandidat dan pengalaman mereka, serta penggunaan teknologi baru untuk transformasi digital.
Bagi para kandidat RGF berusaha untuk memahami dan mempertimbangkan sudut pandang mereka saat mengeksplorasi posisi baru. Kompensasi dan tunjangan sangat penting. Demikian juga faktor lain, seperti peluang untuk maju, tantangan kerja, budaya perusahaan, dan perkembangan karir.
Apa Tren Perekrutan/Penempatan dalam Tiga Industri Teratas di Indonesia?
Tiga industri yang mendorong perekonomian Indonesia untuk terus maju adalah industri barang-barang konsumsi sehari-hari dan komoditas. Baru-baru ini, fintech juga menjadi industri yang sangat besar peranannya. Di industri ini kami melihat tingginya permintaan akan para eksekutif yang kompeten.
Di semua industri tersebut, melihat tingkat pergantian karyawan pada tingkat menengah yang tinggi mengingat banyaknya permintaan dan peluang yang terus berkembang. Berdasarkan pengamatan RGFjuga, ada permintaan yang cukup besar untuk kandidat dengan pengalaman kerja antara lima sampai sepuluh tahun baik dalam industri atau fungsi tertentu.
Kandidat ini tidak terlalu senior, tapi cukup senior untuk mendapatkan beberapa pencapaian penting dan keterampilan yang terukur. Segmen ini akan menjadi target utama bagi RGF di Indonesia.
Meskipun demikian, akan selalu ada permintaan kandidat dengan pengalaman kerja 10 sampai 20 tahun tapi tingkat perputarannya lebih rendah dalam kategori ini, dan hanya ada sedikit kesempatan karir di tingkat yang lebih senior.

BACA JUGA : PT Solidgold Berjangka


Bagaimana Bisnis Rekrutmen di Indonesia ke Depannya?
Apabila Anda melihat secara umum di seluruh Negara Asia, terdapat kenaikan yang pasti dalam jumlah perekrutan tenaga kerja. Terjadinya perubahan yang cepat dalam perusahaan-perusahaan MNC untuk menggunakan tenaga kerja lokal dan juga kecenderungan untuk menggunakan tenaga kerja dari berbagai negara oleh perusahaan-perusahaan lokal di Asia telah memicu pertumbuhan yang substansial dalam industri rekrutmen karyawan permanen.
Pada saat yang sama, ada peningkatan jumlah profesional yang ingin memperoleh pengalaman kerja di tingkat global, terlepas dari fungsi pekerjaan dan masa kerja mereka. Dalam hal ini, ada cukup banyak kesamaan yang terjadi di Indonesia.
Sebagai pemimpin dalam industri perekrutan dan keuntungan yang RGF miliki dari jaringan global,RGF diposisikan secara unik untuk menggunakan wawasan dan pengetahuan mendalam dalam mencocokkan peluang yang ditawarkan oleh perusahaan-perusahaan dengan apa yang dicari oleh para kandidat.
All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OKSubscriptions powered by Strikingly