PT SOLID GOLD BERJANGKA |

Idi Amin Berkuasa, Uganda Jatuh ke Rezim Diktator

broken image

PT SOLID GOLD BERJANGKA MAKASSAR - SATU pekan setelah menjatuhkan rezim Milton Obote, Mayor Jenderal Idi Amin mendeklarasikan dirinya sendiri sebagai Presiden Uganda sekaligus Panglima Tertinggi Militer pada 2 Februari 1971.

Kepala Militer serta Angkatan Udara Uganda sejak 1966 itu mengambil alih pemerintahan di saat Obote sedang bertugas ke luar negeri.

 

BACA JUGA : Solidgold

Sentralisasi pemerintahan yang diberlakukan Idi Amin langsung menyeret Uganda ke dalam rezim diktator. Pada 1972, Idi Amin meluncurkan program genosida demi memurnikan Uganda dari kelompok etnis Lango dan Acholi.

Beberapa bulan kemudian, ia memerintahkan seluruh warga keturunan Asia untuk meninggalkan negara. Sekira 60 ribu ekspatriat asal India dan Pakistan lalu pergi hingga mengakibatkan Uganda jatuh ke dalam krisis ekonomi.

 

BACA JUGA : Solidberjangka

Idi Amin menghentikan hubungan mesra Uganda dengan Israel dan beralih ke Libya serta Palestina. Ia semakin menjadi ketika pada 1976 mendeklarasikan diri sebagai Presiden Uganda seumur hidup. Idi Amin kian opresif terhadap kelompok etnis tertentu serta musuh-musuh politiknya di militer dan bidang lain di Uganda.

Mantan juru masak itu berusaha mengalihkan perhatian dari krisis dalam negeri Uganda dengan menginvasi Tanzania pada 1978 guna menganeksasi wilayah Kagera. Upaya tersebut berhasil dihalau oleh Tanzania berkat bantuan Front Pembebasan Uganda, yang terdiri dari berbagai eksil bersenjata, pada 1979.

Kekalahan itu memaksa Idi Amin dan para pendukungnya di pemerintahan melarikan diri dari Uganda. Milton Obote lantas kembali dari pengasingan untuk melanjutkan masa jabatannya sebagai Presiden Uganda. Idi Amin diketahui lari ke Arab Saudi dan mendapatkan suaka politik dari Riyadh.

Semasa memerintah, Idi Amin diyakini bertanggung jawab atas pembunuhan sedikitnya 300 ribu warga Uganda. Namun, proses hukum untuk mempertanggungjawabkan perbuatan itu tidak pernah digelar hingga sang diktator wafat pada 16 Agustus 2003 di Arab Saudi.