Return to site

PT SOLID GOLD BERJANGKA | Jumlah Sipir Ditambah, Menkumham: Jumlah Napi Makin Banyak

PT SOLID GOLD BERJANGKA - Jumlah pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) telah mencapai 1.146.853 pelamar. Dari jumlah tersebut, sekitar 1.116.138 melamar ke Kementerian Hukum dan Ham, sedangkan sisanya ke Mahkamah Agung (MA).

Menteri Hukum dan Ham, Yasonna Laoly mengatakan, posisi yang dibuka oleh Kementerian Hukum dan Ham sekitar 14.000 untuk penjaga tahanan alisa sipir. Apa alasan Kemenkumham menambah jumlah sipir?
"Penjaga lapas 14 ribu, penting itu menjaga orang, kan kita kekurangan orang," kata Yasonna di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (5/9/2017).
 

Dia menyebutkan, penambahan jumlah penjaga tahanan dikarenakan jumlah narapidana yang terus bertambah, sedangkan jumlah penjaganya tidak.
"Yang teriak-teriak itu kan selama ini kan karena lapas 3.500 isinya dijaga 17 orang, kan kita sudah cukup lama moratorium, jumlah napi 100 ribu orang dulu, sekarang sudah 220 ribu orang, orang yang jaga bukannya tambah banyak tapi tambah sedikit, karena pensiun makanya jomplang," jelas dia.
Lanjut Yasonna, para calon penjaga tahanan ini juga nantinya akan mengikuti persyaratan CPNS yang berlaku.
"Kesejahteraan baru untuk penjaga lapas tetap standar CPNS, kan kita dapat tukin (tunjangan kinerja)," ungkap dia.
Meski demikian, Yassona meminta adanya pengawasan yang ketat terkait dengan rekruitmen CPNS. Sebab, jumlah pelamar sudah lebih dari satu juga orang.
"Kita semuanya mengikuti standar BKN, jadi harus tes CAT ( computer asissted test). Kita minta ombudsman, semua mengawasinya supaya berjalan profesional, arahan saya semua harus dilakukan dengan baik, ini 1,3 juta bisa masalah itu, bisa orang ribut, heboh," jelas dia.
Dalam persyaratan melamar CPNS, pendaftar harus menyertakan ijazah pendidikan terakhir. Hal ini juga meminimalisir adanya kecurangan proses administrasi awal.
"Kalau enggak ada ijazah ya enggak bisa, kan ada sekarang SMA lulus, ijazah belum keluar, jadi apa boleh buat, kita sudah strik dengan aturan itu, jadi enggak bisa," papar dia.
Setelah itu lolos tahap pertama yakni administrasi, maka para pelamar akan masuk tahap selanjutnya, yakni serangkaian tes menggunakan sistem CAT.

"Dalam CAT ini akan terpotong 40%, baru psikotes," tukas dia

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OKSubscriptions powered by Strikingly