PT SOLID GOLD BERJANGKA |

Kominfo Minta Game 'Duel Nabi vs Tuhan' Diblokir

broken image

PT SOLID GOLD BERJANGKA - Berpotensi menimbulkan gesekan SARA, game Fight of Gods mendapat kecaman dari sejumlah pihak. Malaysia, misalnya, sudah menutup akses game streaming ini.

Tak mau masalah ini berlarut, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akhirnya ikut turun tangan dengan mengirimkan surat yang ditujukan kepada pihak Steam.

Sebagaimana diketahui, game Fight of Gods adalah game baku hantam yang menyuguhkan ragam karakter dengan wujud dewa, nabi, dan Tuhan dari suatu agama. Game yang hanya bisa dimainkan di PC ini kemudian dijual melalui platfrom Steam.

Pemerintah Malaysia sendiri beberapa waktu lalu sempat memblokir akses internet di negaranya ke Steam. Namun, pihak Steam akhirnya meminta maaf dan menghapus game dari platform-nya agar pemerintah Malaysia mau membukakan kembali akses yang sempat diblokir itu.

Sementara itu di Indonesia, menurut penuturan Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan, pihaknya sudah mengirimkan surat kepada Steam agar memblokir game tersebut dari wilayah Indonesia.

"Iya, kami sudah mengirim surat untuk segera dilakukan geo blocking untuk wilayah Indonesia. Sesuai aturan kami, dalam waktu 2 x 24 jam mereka harus melaksanakan. Kalau tidak kami akan memblokir distributor channel," ujar Semuel

Ia pun mengakui, pihaknya telah mendapatkan banyak sekali aduan dari masyarakat terkait game Fight of Gods ini. Namun, Semual mengaku belum sempat mengunduh game tersebut. "Belum sempat download. Tapi sudah lihat trailer-nya," ujarnya.

broken image

"Kalau dari trailer-nya sih, game ini tidak layak untuk konsumsi masyarakat Indonesia. Kita adalah bangsa yang beragama. Simbol-simbol agama bukan untuk dipermainkan. Apalagi dipertarungkan. Ini bisa menimbulkan gesekan yang berbau SARA," pungkasnya.