Return to site

PT SOLID GOLD BERJANGKA |

Rokok Masih Menjadi Faktor Utama Asma dan PPOK

PT SOLID GOLD BERJANGKA - Konsumsi rokok di Indonesia termasuk tinggi dan menjadi penyebab berbagai macam penyakit saluran pernapasan yang mengakibatkan kematian, seperti asma, penyakit paru obstruktif kronis (PPOK), dan kanker paru.

Menanggapi hal ini, Direktur Pengendalian Penyakit Tidak Menular, Direktorat Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan RI, dr. Lily S. Sulistyowati, MM mengatakan bahwa tren rokok makin hari makin meningkat.

"Faktor rokok trennya malah meningkat terus. Perokok di Indonesia tertinggi di dunia untuk laki-lakinya, Indonesia juga terkenal dengan baby smoker, sampai mendunia," ujarnya dalam temu media di Gedung Prof Sujudi Kementerian Kesehatan RI baru-baru ini.

Sementara itu, menurut paparan dokter spesialis paru dari Rumah Sakit Persahabatan, Prof Faisal Yunus, MD, PhD, PPOK adalah penyakit yang harus diturunkan angka pengidapnya di Indonesia. Saat ini, berdasarkan Survei Kesehatan Rumah Tangga tahun 2012 adalah penyebab kematian ke-6 di Indonesia.

"PPOK merupakan primadona dunia, 17 tahun lagi akan menjadi ketiga tertinggi di dunia. Faktor utamanya merokok, kedua merokok, ketiga merokok, kesepuluh merokok," jelas Prof Faisal.
Prof Faisal juga menambahkan, untuk mengurangi tingginya angka pengidap asma dan PPOK atau gangguan saluran pernapasan lainnya adalah dengan mengurangi faktor risiko dan berhenti merokok.

Untuk membantu berhenti merokok, ia juga memberika tips 5A, yaitu ask adalah menanyakan apakah ingin benar-benar berhenti, advice yaitu memberi nasihat, kemudian assess yaitu menilai orang yang ingin berhenti, assist yaitu membantu, dan arrange adalah merencanakan proses berhenti merokok.

 

Baca Juga Artikel Keren & Terupdate Kami Lainnya Di :

 

blogspot.com wordpress.com weebly.com blogdetik.com
wixsie.com jigsy.com spruz.com bravesite.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OKSubscriptions powered by Strikingly