Return to site

PT SOLID GOLD BERJANGKA | Soal Aduan Kriminalisasi Ulama, Wakapolri: Ikuti Saja Proses Hukum

Soal Aduan Kriminalisasi Ulama, Wakapolri: Ikuti Saja Proses Hukum

SOLID GOLD BERJANGKA - Wakapolri Komjen Syafruddin menegaskan pihaknya tidak melakukan kriminalisasi ulama. Proses hukum dilakukan sesuai aturan.

"Polri mengikuti koridor hukum dan mekanisme hukum," ujar Syafruddin kepada wartawan di XXI Ballroom, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat, Sabtu (10/6/2017).

Jawaban ini disampaikan Syafruddin saat ditanya soal pertemuan komisioner Komnas HAM menemui Menko Polhukam Wiranto terkait dugaan kriminalisasi ulama dan pembubaran HTI. Komnas HAM pernah menerima aduan sejumlah aktivis terkait kasus yang menjerat sejumlah aktivis dan tokoh agama.

"Kita ikuti saja mekanisme hukum jangan mekanisme yang lain. Mekanisme hukum kan sudah ada," tegas Syafruddin.

Sementara itu Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rikwanto mengatakan perkara Habib Rizieq Syihab dilakukan sesuai prosedur. Sudah ada 50 orang saksi dan 24 orang hali yang dimintai keterangan.

"Dengan kesaksian dengan keahliannya. Tidak mungkin ada kriminalisasi di situ, yang bersangkutan silakan saja diperiksa untuk mengklarifikasi untuk memberikan keterangannya, untuk menyampaikan apa yang dialaminya. Ini yang kita harapkan segera mungkin," ujar Rikwanto.
 

Komisioner Komnas HAM Natalius Pigai saat bertemu Sesmenko Polhukam Letjen TNI Yayat Sudrajat mengatakan alumni 212 pernah menyampaikan aspirasi yang meminta pemerintah dan sejumlah aktivis serta ulama melakukan rekonsiliasi.

Pigai mengatakan, pihaknya menghormati proses hukum sejumlah aktivis dan ulama yang sedang berjalan di Polri. Namun Presiden Jokowi disebut bisa menyelesaikan persoalan itu dengan non-yudisial.

kunjungi : Solid Gold

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OKSubscriptions powered by Strikingly