SGB - Jet Tempur TNI AU Malang Melintang di Langit Jakarta, Ada Apa?

SOLID GOLD BERJANGKA - Sejak pagi tadi jet tempur F-16 milik TNI Angkatan Udara melintas di langit Jakarta. Kepala Dinas Penerangan AU Marsma Jemi Trisonjaya mengatakan pesawat itu berlatih untuk menyambut HUT TNI AU pada 9 April nanti.

“Saat ini sedang dilaksanakan gladi kotor persiapan HUT TNI AU ke-71,” kata Jemi saat berbincang dengan detikcom, Rabu (5/4/2017).

Jemi menambahkan pada perayaan HUT TNI AU pada Minggu (9/4) nanti akan ada acara parade, devile dan demo di darat dan udara. Jemi mengatakan akan ada demo pembebasan sandera, operasi penerjunan perebutan pangkalan udara oleh paskhasau yang diikuti oleh ribuan personil dan ratusan pesawat dari berbagai jenis.

“Melibatkan 1600 lebih personil dan 130 lebih pesawat udara dari berbagai jenis tempur, angkut, dan heli,” kata dia.

Tak hanya itu HUT TNI AU ke-71 juga akan dimeriahkan simulasi pertempuran udara (dogfight), penyerangan udara dengan sead dan composite strike, jupiter aerobatic dan drumband dari taruna AAU. Jemi menyebut pihaknya akan menggelar latihan hingga Jumat (7/4) mendatang.

“Tanggal 7 (April) akan gladi bersih, nanti pada kegiatan HUT TNI AU pada Minggu (9/4) bisa disaksikan oleh seluruh masyarakat di Lanud Halim Perdanakusuma dan nanti akan diarahkan oleh petugas di lapangan,” urainya.

Jemi menyebut simulasi perang yang melibatkan pertempuran udara dari pesawat Sukhoi, F-16, dan Hawk 100/200. Selama latihan, pesawat-pesawat itu akan melintas di langit Bandung, Bogor, dan Jakarta.

“Pesawat akan terbang dari Lanud Husein (Husein Sastranegara Bandung,-red), Atang Senjaya Bogor dan Lanud Halim,” kata dia.

Selain itu dalam rangka HUT ke-71, TNI AU juga menggelar bulan Dirgantara Indonesia. Selain demo dan simulasi udara ada juga Dirgantara Expo, Kejuaraan Sabuk Emas KASAU dan WBC Asia Pasifik, Seminar Nasional Kedirgantaraan, dan kompetisi foto.