Return to site

SOLID BERJANGKA | Waspada Malware dalam Aplikasi Android

SOLID BERJANGKA MAKASSAR - Pengguna Android harus waspada terhadap peredaran aplikasi yang diisi dengan malware di Google Play store. Pakar di perusahaan antivirus dan keamanan internet ESET menyebut setidaknya ada lebih dari 30 aplikasi Malware di Google Play Store.

Dilansir dari Express, aplikasi yang menyamar sebagai pembersih perangkat, manajer baterai, dan aplikasi horoskop menyembunyikan software yang berbahaya. Malware ini sangat kompleks canggih dan bersembunyi dalam aplikasi.

Berbeda dengan Malware lainnya yang menggunakan login palsu, perangkat lunak ini memungkinkan para hacker untuk mengirim dan menerima teks pada perangkat yang sudah terinfeksi.

Para hacker kemudian bisa menembus otentikasi multifaktor yang melindungi internet banking. Bahkan malware ini bisa secara otomatis mengunduh aplikasi tambahan yang diinginkan hacker.

"Oleh karena itu, jika pengguna telah memasang salah satu dari aplikasi ini, pengguna dapat dengan mudah menghapus di Settings > (General) > Application manager/Apps," ujar pakar tersebut.

Pakar ESET menyarankan pengguna Android untuk menghapus aplikasi yang diduga berisi Malware secara berkala.

"Kami juga menyarankan untuk memeriksa rekening bank atas transaksi mencurigakan dan mempertimbangkan mengubah kata sandi / kode PIN internet banking," kata pakar.

Untuk mengetahui aplikasi apa saja yang mengandung Malware, pengguna bisa melihatnya di tautan ini.

Semua aplikasi ini memang telah dihapus dari Google Play Store tetapi pastikan pengguna telah menghapus aplikasi tersebut apabila terlanjur mengunduh. ESET juga menyarankan agar mengunduh aplikasi Android hanya dari Google Play Store.

"Hanya unduh aplikasi dari Google Play memang tidak memastikan aplikasi tidak berbahaya, tetapi aplikasi seperti ini jauh lebih aman daripada di situs aplikasi pihak ketiga, di mana mereka tidak menghapus aplikasi malware meskipun telah diungkap, tidak seperti di Google Play," ujar pakar.

Android adalah perangkat lunak yang paling banyak digunakan di dunia, dengan lebih dari dua miliar perangkat aktif yang menjalankan OS Google setiap bulan.

BACA JUGA :Fasilitas Layanan Solidberjangka


Tempat yang cocok untuk mengunduh aplikasi Android adalah di Google Play Store yang merupakan rumah bagi jutaan aplikasi.

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OKSubscriptions powered by Strikingly