Return to site

SOLID GOLD |

PIP Makassar Akhirnya Miliki Kapal Latihan Bernama KL Sultan Hasanuddin

SOLID BERJANGKA MAKASSAR - Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar mendapatkan sebuah kapal latihan baru dari pemerintah yang dinamai KL Sultan Hasanuddin.

Upacara penyambutan kapal latihan tersebut dilaksanakan di Pelabuhan Soekarno-Hata Makassar, Senin (19/2/2018), dengan bertindak sebagai inspektur upacara adalah Kepala Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Laut, I Nyoman Sukayadnya.

I Nyoman dalam sambutannya mengatakan, PIP sebagai salah satu UPT di lingkungan BPSDM Kementerian perhubungan memiliki peran penting dalam mewujudkan pelayanan jasa transportasi yang maju dan modern dengan menghasilkan SDM yang memiliki kemampuan dan daya saing.

"Kapal latihan ini diharapkan dapat memfasilitasi peningkatan kompetensi para peserta diklat khususnya PIP Makassar dalam mencetak tenaga-tenaga handal dan profesional di bidang angkutan perairan," kata Nyoman.

Ia menjelaskan, sesuai amanat Undang-undang Nomor 17 tahun 2016, serta implementasi IMO regulation pada SCTW amandemen 2010, diharapkan nantinya setelah taruna dan taruni selesai dari pendidikan akan berkecimpung dalam bidang-bidang industri maritim.

 

BACA JUGA : PT Solidberjangka Transaksi Sistem Online

"Kapal ini akan digunakan dalam membekali para taruna-taruni kita dengan kemampuan praktek setelah mereka mendapatkan teori selama diklat. Sehingga nantinya mereka benar-benar siap berkecimpung di dunia maritim," jelasnya.

Kapal Latih Sultan Hasanuddin yang diberangkatkan dari Pontianak mempunyai fasilitas praktek dengan kapasitas akomodasi terdiri dari penumpang 100 orang, taruna atau peserta diklat 100 orang, 14 orang untuk instruktur, serta 20 orang awak kapal.

Kapal ini juga dilengkapi peralatan modern dan mutakhir baik peralatan navigasi maupun permesinannya dan konstruksinya telah mendapat sertifikasi dari biro klasifikasi Indonesia, dan telah memenuhi standar keselamatan pelayaran sesuai standar internasional.

 

BACA JUGA : Solidgold Peraturan Transaksi Online

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OKSubscriptions powered by Strikingly