Return to site

SOLID GOLD |

Selain Swiss, Muliaman Akan Tingkatkan Ekspor RI ke 3 Negara Ini

SOLID GOLD MAKASSAR - Duta Besar Republik Indonesia (RI) untuk Swiss dan Liechtenstein Muliaman Hadad berupaya memperluas pasar ekspor Indonesia ke beberapa negara di Eropa. Selain di Swiss, beberapa negara yang dijajaki untuk diperluas ekspornya adalah Norwegia, Islandia, dan Liechtenstein.

Muliaman mengatakan, Indonesia tengah menyelesaikan perjanjian perdagangan bebas (Free Trade Agreement/FTA) dengan keempat negara itu. Dengan perjanjian dagang tersebut diharapkan pasar ekspor Indonesia bisa

"Saya di Swiss sedang dalam proses penyelesaian pembahasan FTA dengan empat negara sekaligus, Swiss, Norwegia, Iceland, dan Liechstenstein. Mereka berempat ini tidak masuk Uni Eropa jadi kita buat perjanjian sendiri dengan mereka. Alhamdulillah sudah tahap-tahap akhir," kata Muliaman

Komoditas ekspor yang akan digenjot untuk diekspor ke empat negara tersebut masih terus dibahas lebih dalam. Saat ini, komoditas yang sudah diekspor ke Swiss meliputi emas, produk pertanian, dan perhiasan.

"Masing-masing negara itu beda. Kalau di Swiss itu banyak room untuk tumbuh, yang secara tradisional kita ekspor ke Swiss itu emas, komoditi pertanian, sedikit perhiasan, dan lain sebagainya," ujar Muliaman.

Muliaman meyakini pasar ekspor di empat negara tersebut masih terbuka luas. Beberapa komoditas lain juga akan dipasarkan ke negara tersebut.

 

BACA JUGA : Alasan Anda memilih Kami Solidgold

"Kita akan terus tingkatkan dengan memperluas basis komoditi yang bisa kita jual di sana. Di samping itu, selain kita jual ke sana tapi kita juga banyak berhubungan mesin-mesin teksil, alat-alat berat konstruksi, banyak mereka harusnya sudah hadir di Indonesia," kata Muliaman.

 

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OKSubscriptions powered by Strikingly